Wednesday 29 February 2012

Global Positioning System (GPS)

Pengertian
GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu. GPS dapat memberikan informasi posisi dengan ketelitian bervariasi dari beberapa millimeter (orde nol) sampai dengan puluhan meter.
GPS pada awalnya dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. Semula GPS dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging).
Semula GPS dipergunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu, dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, maupun udara. Disamping untuk navigasi dan penetuan posisi geografis, GPS kini juga dipergunakan untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.
Cara Kerja
GPS bekerja dengan menggunakan satelit yang mengelilingi bumi sehingga penerima-penerima sinyal di permukaan bumi dapat menangkap sinyalnya. Satelit mengorbit di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam.
Satelit GPS secara kontinyu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu, pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom yang mempunyai ketepatan waktu satu per satu juta detik. stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai kepada penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, berarti semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima.
Untuk menentukan posisi dalam 2 dimensi (garis lintang dan garis bujur), penerima GPS minimal harus mendeteksi sinyal dari 3 buah satelit. Koordinat 3 dimensi yang mencakup ketinggian lokasi bisa ditentukan jika alat penerima mendapat sinyal dari 4 buah satelit atau lebih.
Pada perkembangannya hingga bulan Nopember tahun 2007, jumlah satelit yang ada sudah mencapai 52 satelit. Berikut gambaran satelit yang digunakan GPS:

BAGIAN-BAGIAN GPS
GPS terdiri dari 3 bagian yaitu :
1. Space yang mengatur konstelasi satelit.
2. Control yang memantau dan mengatur operasional satelit dan memastikan bahwa satelit berfungsi sebagaimana mestinya dalam mengirimkan data.
3. User sebagai pengguna GPS. Alat penerima sinyal GPS ( GPS receiver ) diperlukan untuk menerima dan memproses sinyal - sinyal dari satelit GPS untuk digunakan dalam penentuan posisi, kecepatan dan waktu.

0 comments:

Post a Comment